Hosting Unlimited Indonesia

Kontaminasi Debu Timah Hitam, Kawasan Sekitar Notre Dame Paris Ditutup

Pemerintah Kota Paris telah menutup semua jalan sekitar Katedral Notre Dame supaya para pekerja bisa mulai membersihkan kawasan itu dari kontaminasi debu timah hitam yang berbahaya bagi kesehatan.


Debu timah itu ditemukan di kawasan sekitar Notre Dame setelah terjadi kebakaran besar yang menghancurkan menara dan banyak bagian atapnya pada April lalu.


“Karena ada sedikitnya 300 ton timah hitam yang dipakai untuk membangun atap dan menaranya, kawasan Notre Dame kini adalah kawasan yang tercemar,” kata pejabat lingkungan Perancis Robin de Bois. “Katedral itu kini dipenuhi bahan-bahan beracun,” tambahnya.


Pagar tinggi menghalangi mobil dan pejalan kaki memasuki daerah itu. Sebuah stasiun kereta api didekatnya juga ditutup.


Para pekerja akan menggunakan dua cara dekontaminasi. Yang pertama adalah menggunakan semacam gel atau perekat yang akan dioleskan pada semua bangku taman, tiang lampu jalan dan benda-benda lain di tempat umum, untuk menyerap debu timah hitam itu. Cara kedua adalah dengan menggunakan semprotan air yang dicampur dengan bahan-bahan kimia.


Usaha rekonstruksi di dalam katedral terkenal itu dihentikan bulan lalu karena alasan keamanan, dan diperkirakan akan dimulai lagi minggu depan.


Pejabat Perancis selama berbulan-bulan membantah bahwa ada kontaminasi timah hitam yang mengancam kesehatan. Pada akhir Juli baru diakui bahwa harus dilakukan usaha pembersihan yang lebih ketat setelah ditemukan debu timah hitam di bangunan sejauh satu kilometer dari katedral itu.


Presiden Perancis Emmanuel Macron menetapkan renovasi katedral yang berumur 850 tahun itu akan selesai dalam lima tahun ke depan. Sebelum kebakaran, Notre Dame dikunjungi lebih dari 10 juta pengunjung tiap tahun. [ii/pp]



Top News

Hosting Unlimited Indonesia