Hosting Unlimited Indonesia

Badan Cuaca Rusia: Isotop Radioaktif Ditemukan Setelah Kecelakaan

Badan Meteorologi Rusia (Roshydromet) mengatakan mereka menemukan isotop radioaktif dalam sampel yang diambil setelah kecelakaan baru-baru ini di pangkalan militer di Rusia utara ketika dilakukan uji senjata.


Roshydromet mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 26 Agustus bahwa mereka menemukan strontium, barium, dan lantanum dalam sampel uji di Severodvinsk, dekat tempat terjadinya kecelakaan, tetapi menambahkan bahwa tidak ada bahaya bagi masyarakat luas.


Kecelakaan 8 Agustus di wilayah Rusia utara Arkhangelsk, yang menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai beberapa lainnya itu menimbulkan kekhawatiran terjadinya kontaminasi atmosfer setelah para pejabat darurat melaporkan adanya lonjakan tingkat radiasi.


Sebagian pejabat Amerika mengatakan mereka percaya akan adanya unsur-unsur radioaktif dalam kecelakaan itu, dan banyak analis memusatkan perhatian pada rudal jelajah bertenaga nuklir yang sedang dikembangkan, seperti diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin tahun lalu.


Teluk Laut Putih di mana Arkhangelsk, yang merupakan pelabuhan pembuatan kapal dan ibukota regional, ditutup untuk berenang dan memancing karena dideteksi adanya bahan bakar roket beracun. [lt/ab]



Top News

Hosting Unlimited Indonesia