Hosting Unlimited Indonesia

Jarang Masuk Kuliah, Wanita Ini Justru Jadi Pengusaha Sukses

Liputan6.com, Jakarta -  Komal Dadlani merasa menyesal ketika menyelesaikan gelar Masternya dalam bidang biokimia di  Universitas  Chili. Komal Dadlani mengaku mencintai sains tapi merasa bosan ketika berada di kelas. Maka dari itu ia sering meninggalkan kelas sains.
"Kelas saya sangat teoritis, dan mereka tidak semenarik yang saya inginkan," jelas Komal Dadlani yang dikutip dari CNBC. Rasa frustasi Komal, mendorongnya pada sebuah ide dengan membuat pembelajaran sains menjadi lebih mudah diakses dan menyenangkan.
Menurut National Science Foundation di Amerika Latin, kurang dari 15 persen siswa mendapatkan gelar STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika).
Pada 2013, Komal Dadlani turut berkontribusi dalam mendirikan Lab4U dengan insinyur perangkat lunak Kolombia Alvaro Peralta. Perusahaan ini mengajarkan prinsip dasar sains dalam fisika, kimia, dan biologi. Hanya dengan mengaktifkan eksperimen dari  aplikasi  pada smartphone atau tablet.
 



 
Komal Dadlani memberi contoh seperti kamera ponsel yang dapat berfungsi untuk mengukur sampel warna dalam gelas air. Guna menggantikan colorimeter tradisional yang biasa digunakan di laboratorium seharga USD 500 atau Rp 7 juta (1 USD = Rp 14.254)
"Dengan bahan yang sangat mendasar, Anda benar-benar dapat menjalankan  eksperimen ," jelasnya. Komal mengaku dengan penemuan yang ia lakukan, dapat memberi kemudahan sebagai pengganti dari alat-alat eksperimen yang mahal.
Lab4u yang didirikan oleh Komal Deadlani kini sudah mencapai pengguna lebih dari 100 ribu siswa di 20 negara. Pendapatan yang diperoleh mulai dari USD 15 setara dengan Rp 213 ribu per siswa selama satu semester.
Komali mengaku bahwa ia telah menghadapi beberapa kendala selama enam tahun terakhir. Mulai dari mengumpulkan biaya hingga menguji produk dengan siswa.
Bahkan aplikasi yang dibuat olehnya sempat dimaki oleh sejumlah orang. "Ada seorang siswa yang benar-benar melemparkan telepon ke wajahku sambil berkata aku tidak akan melakukan ini" ungkapnya.



Top News

Hosting Unlimited Indonesia