Hosting Unlimited Indonesia

Dunford: Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan 'Berdasarkan Kondisi'

Pejabat tinggi militer Amerika Serikat mengatakan masih terlalu dini untuk membicarakan penarikan pasukan Amerika sepenuhnya dari Afghanistan, sementara pembicaraan damai dengan Taliban tampaknya mendekati kesepakatan akhir.


Jenderal Joseph Dunford, Ketua Gabungan Kepala Staf, mengatakan perjanjian damai apa pun akan didasarkan pada kondisi keamanan di lapangan. Ia mengatakan pasukan Afghanistan belum bisa mengamankan negara itu tanpa bantuan dari pasukan sekutu dan belum jelas kapan mereka akan siap.


Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan AS akan mempertimbangkan semua pilihan.


Pemerintah Afghanistan mengharapkan utusan AS Zalmay Khalilzad akan segera menginformasikan situasi terbaru kepada pejabat di Kabul mengenai pembicaraan dengan Taliban. Seorang juru bicara Taliban mengatakan mereka hampir mencapai kesepakatan akhir untuk mengakhiri perang yang sudah berlangsung hampir 18 tahun itu.


Dunford dan Menteri Pertahanan Mark Esper berbicara pada konferensi pers bersama untuk pertama kalinya dalam tepat satu tahun sejak seorang menteri pertahanan dan ketua Gabungan Kepala Staf tampil bersama di hadapan wartawan Pentagon. [my/pp]



Top News

Hosting Unlimited Indonesia