Hosting Unlimited Indonesia

Badai Dorian “Sangat Berbahaya” Saat Mendekati Bahama, Florida

Pusat Badai Nasional AS menyatakan Badai Dorian diperkirakan akan menguat menjadi “topan besar” hari Jumat (30/8).


“Dorian kemungkinan besar akan tetap menjadi badai yang sangat berbahaya sewaktu bergerak mendekati bagian barat laut Bahama dan mendekati Semenanjung Florida hingga akhir pekan,” sebut pusat itu.


Pemerintah Bahama telah mengeluarkan peringatan siaga badai untuk kawasan barat laut Bahama, sedangkan Gubernur Florida Ron DeSantis telah menetapkan situasi darurat untuk seluruh kawasan negara bagian itu.




Curah hujan yang dibawa Dorian dapat menimbulkan banjir bandang yang mengancam jiwa, sebut Pusat Badai Nasional.


Dorian bergerak dengan kecepatan maksimum angin yang menyertainya 165 kilometer per jam.


Para pakar cuaca memperkirakan Dorian mungkin menghantam Florida Tenggara pada Senin pagi sebagai topan kategori 4 dengan angin berkecepatan sedikitnya 209 kilometer per jam.


Menurut para pakar, badai kategori 4 mampu menimbulkan kerusakan parah – menghancurkan rumah, toko, jalan dan merubuhkan pohon serta tiang-tiang listrik.


Presiden Amerika Donald Trump telah membatalkan rencana perjalanannya ke Polandia untuk memastikan semua sumberdaya pemerintah federal difokuskan pada badai yang menjelang. “Ini sesuatu yang membuat kehadiran saya di sini sangat penting,” katanya hari Kamis.


Warga di pesisir Atlantik Florida telah diminta bersiaga menghadapi kemungkinan evakuasi. Mereka mengisi penuh tangki bensin dan menyiapkan bahan makanan, air dan persediaan darurat lainnya.


Sebagian besar Puerto Rico dan Kepulauan Virgin Inggris lolos dari terjangan Dorian, yang menimbulkan banjir dan pemadaman listrik tetapi tidak menyebabkan kerusakan berat. [uh/lt]



Top News

Hosting Unlimited Indonesia