Hosting Unlimited Indonesia

Di G-7, Trump Abaikan Iklim tetapi Sepakat Dukung Isu Gender dan Afrika

Pada pertemuan puncak di mana Amerika dalam banyak hal berbeda sikap dengan sekutunya termasuk apakah akan membantu kebakaran Amazon, mengikut sertakan kembali Rusia dan perang tarif dengan China, Presiden AS Donald Trump sepakat mendukung beberapa program G7, meskipun ada laporan pemerintahannya menganggap itu sebagai "masalah khusus."


Seorang pejabat senior pemerintah mengkonfirmasi kepada VOA bahwa pemerintahan Trump menandatangani beberapa dokumen konsensus, khususnya di bidang kesetaraan gender, kemitraan dengan Afrika, dan transformasi digital.


Amerika tidak menandatangani tawaran bantuan $ 20 juta dari G-7 kepada pemerintah Brazil untuk memerangi kebakaran di hutan tropis Amazon.




Trump juga melewatkan sesi kerja mengenai kelautan, iklim, dan keanekaragaman hayati. Namun pemerintahannya menandatangani Piagam Metz mengenai Keanekaragaman Hayati, sebuah komitmen untuk memerangi hilangnya keanekaragaman hayati dan mengatasi iklim perubahan yang menanggapi peringatan terbaru dari para ilmuwan.


"Meskipun persetujuan pemerintah untuk menandatangani piagam G-7 tentang keanekaragaman hayati merupakan berita yang disambut baik, saya ragu pernyataan itu membawa dampak," kata Whitley Saumweber, direktur Stephenson Ocean Security Project di Pusat Strategi dan Studi Internasional.(my/pp)



Top News

Hosting Unlimited Indonesia