Hosting Unlimited Indonesia

Perancis Minta Iran Tahan Diri 

Presiden Perancis Emmanuel Macron telah berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan mendesak Teheran untuk menahan diri di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan itu. 


Kantor Macron, Sabtu (31/8), mengatakan bahwa pemimpin Perancis itu meminta Iran untuk "mengambil upaya-upaya yang diperlukan" untuk mendorong perundingan dalam perang Yaman dan mendesak Iran untuk "menahan diri di Lebanon supaya tidak ada yang mengusik stabilitas di tengah situasi yang sangat tegang ini."


Ketegangan antara Israel dan Iran terkait Lebanon telah mendorong para pihak yang saling bersiteru itu semakin mendekati konflik bersenjata terbuka dalam beberapa pekan.


Israel, Kamis (29/8), menuduh Iran dan proksinya di Lebanon, Hizbullah, meningkatkan upaya membangun fasilitas misil di Lebanon.


Kantor Presiden Perancis mengatakan Macron juga kembali mendorong Iran untuk mematuhi perjanjian nuklir, setelah sebelumnya berupaya mengadakan pertemuan AS-Iran. Macron berupaya memainkan peranan sebagai mediator untuk menyelamatkan perjanjian PBB 2015 yang bertujuan mengekang ambisi nuklir Iran. Perjanjian itu telah ditolak Presiden AS Donald Trump. [vm/ft]



Top News

Hosting Unlimited Indonesia