Hosting Unlimited Indonesia

PBB Minta India Pastikan Tak Ada Warga Yang Hilang Kewarganegaraan

Pejabat tertinggi PBB urusan pengungsi mendesak India untuk menjamin tidak ada seorangpun yang kehilangan kewarganegaraan setelah hampir 2 juta orang tidak masuk dalam daftar kewarganegaraan di negara bagian Assam.


"Segala proses yang bisa menyebabkan banyak orang kehilangan kewarganegaraan merupakan pukulan besar bagi upaya global untuk menghapuskan ketiadaan kewarganegaraa," kata Filippo Grandi, Komisioner Tinggi PBB urusan pengungsi, dalam pernyataan yang dirilis Minggu (1/9) di Jenewa.


Dia mendesak India untuk memastikan tidak ada seorangpun yang kehilangan kewarganegaraan, "termasuk dengan memastikan akses cukup bagi informasi, bantuan hukum, dan sumber-sumber daya hukum sesuai dengan standar tertinggi proses hukum."


Sekitar 31,1 juta orang masuk dalam daftar yang dirilis pemerintahan Assam pada Sabtu (31/8), tapi 1,9 juta lainnya tidak. Daftar itu, yang dikenal sebagai Daftar Warga Negara Nasional, hanya ada di negara bagian Assam.


Pemerintah negara bagian telah mengatakan pihaknya menyusun daftar itu untuk mendeteksi dan mendeportasi para imigran gelap dari Bangladesh tapi juga telah mengklarifikasi bahwa mereka yang tak masuk dalam daftar kewarganegaraan, tidak akan dinyatakan sebagai warga asing. [vm/ft]



Top News

Hosting Unlimited Indonesia