Hosting Unlimited Indonesia

Protes Hong Kong Diwarnai Kekerasan, China Bebaskan Staf Konsulat

Protes-protes di Hong Kong bergulir menjadi kekerasan Sabtu (24/8) untuk pertama kalinya dalam dua pekan. Ratusan demonstran yang berpakaian serba hitam serta membawa pemukul bisbol dan tiang bambu melemparkan bom gas dan batu bata ke arah polisi.


Polisi Hong Kong menggunakan pentungan dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan para demonstran yang telah mendirikan barikade dengan perancah bambu di luar kantor polisi dan mal perbelanjaan didekatnya.


Sementara itu, China membebaskan seorang pekerja konsulat Inggris, Simon Cheng, yang penahanannya meningkatkan ketegangan. Dia ditahan 15 hari di Shenzhen, seberang perbatasan Hong Kong, karena dituduh melanggar peraturan manajemen keamanan publik, kata polisi setempat.


Pihak berwenang mengatakan hak-hak hukum Cheng ditegakkan, mengklaim dia telah mengakui tuduhan-tuduhan yang diarahkan padanya. Ini adalah jawaban standar dari polisi China, meskipun fakta-fakta menunjukkan bahwa Cheng tidak diberi kesempatan untuk membela diri di pengadilan. Keluarga Cheng mengatakan lewat Facebook dia telah kembali ke Hong Kong. (vm/pp)



Top News

Hosting Unlimited Indonesia