Bisnis Afiliasi

BLOG

Refrensi informasi Anda.
Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi


Bagi pemilik website dengan traffic pengunjung yang tinggi, model bisnis afiliasi juga layak Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Model bisnis ini dikenal dengan istilah affiliate marketing yaitu memasarkan atau mempromosikan produk milik orang lain. Ketika nantinya ada pembeli yang membeli produk itu melalui Anda atau atas saran Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Sistem kerja bisnis afiliasi ini kurang lebih memiliki tiga tahap. Pertama, pada awalnya Anda selaku pemilik website melakukan registrasi ke penyedia program afiliasi, penyedia program afiliasi ini juga memiliki website yang mempunyai produk dan dijual secara online. Kedua, jika disetujui, pemilik website akan mendapatkan kode afiliasi dari penyedia program, dan kode tersebut bisa dipasang di website yang akan memunculkan iklan. Ketiga, jika pembaca website membeli produk dari referensi web Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penyedia program afiliasi tersebut.

Keuntungan dari program ini adalah memberikan komisi jauh lebih besar dibandingkan hanya menayangkan iklan dalam website Anda. Akan tetapi, untuk menggiring pengunjung web agar mau membeli produk jauh lebih sulit dibandingkan membuat pengunjung mengakses atau meng-klik iklan yang ditayangkan. Kemudian, kekurangan lainnya adalah minimnya penyedia program afiliasi dari web lokal yang tepercaya. Apabila website yang Anda bangun menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, maka kesempatan terbuka lebih lebar, walaupun kendalanya tentu jauh lebih susah membujuk pembaca membeli produk dengan bahasa Inggris pula.